Rabu, 13 Februari 2013

Objek Misterius Mars ditemukan Oleh Robot NASA


Updated: Tue, 12 Feb 2013 20:26:50 GMT | By fetra, okezone.com
CALIFORNIA - Robot ciptaan NASA, Curiosity, telah memfoto objek berkilau mirip logam yang persis seperti pegangan pintu di Mars. Ilmuwan mengatakan bahwa objek tersebut merupakan bentuk unik yang pernah ditangkap Curiosity.
"Permukaan berkilau ini menunjukkan bahwa batu ini memiliki butir halus dan relatif keras. Keras, batuan halus dapat terbentuk oleh angin untuk membentuk permukaan yang sangat halus," ujar ilmuwan NASA Curiosity, seperti dikutip Nbcnews, Rabu (13/2/2013).
Ilmuwan menambahkan, objek yang tersapu oleh angin ini juga biasa ditemukan di Bumi. Khususnya di kawasan kering serta daerah berangin kencang di Antartika.
Batuan yang baru ditemukan dan menampakkan kilauan ini merupakan batu unik pertama yang ditangkap robot NASA Curiosity. Pada Oktober lalu, robot mutakhir senilai USD2,6 miliar ini telah mengamati objek misterius yang muncul di permukaan Mars.
Ilmuwan berpikir bahwa objek aneh ini ialah bagian plastik yang terjatuh milik Curiosity. Robot yang bergerak dengan enam roda ini juga menemukan bercak cerah di salah satu lubang yang digali di Mars.
Material tersebut diduga merupakan mineral asli Mars, yang disebut "Mars flower". Material ini juga pernah diabadikan dan menjadi buah bibir pada Desember tahun lalu.
Tugas utama Curiosity ialah meneliti material Mars untuk mengungkap apakah Mars mendukung kehidupan mikroba. Curiosity membawa 10 instrumen ilmiah yang berbeda serta 17 kamera untuk membantu penelitiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar